MGx5MaVaLGpaNaBbNGxaNqVdNncsynIkynwdxn1c
5 Alternatif Terbaik Selain Google Drive di 2022

5 Alternatif Terbaik Selain Google Drive di 2022

google drive service

Mencari alternatif untuk Google Drive? Tidak perlu mencari lagi: Dalam posting ini kami memperkenalkan delapan platform penyimpanan cloud yang luar biasa untuk meningkatkan produktivitas Anda di tempat kerja.

Bagi banyak dari kita, Google Drive adalah solusi penyimpanan cloud default… paling tidak karena integrasinya dengan Gmail.

Menurut Javier Soltero (Google VP) Google Workspace mencapai 2 miliar pengguna pada tahun 2019. Dan jumlah itu hanya akan bertambah karena pekerjaan jarak jauh menjadi lebih umum. 

Tidak diragukan lagi bahwa Google Drive adalah solusi penyimpanan cloud terbaik di kelasnya yang memberikan keseimbangan yang baik antara fungsionalitas dan kemudahan penggunaan. Namun demikian, ada solusi cloud drive lain di luar sana… dan beberapa di antaranya sangat bagus!

Bagi mereka yang tertarik untuk mencoba sesuatu yang lain, kami telah mengumpulkan delapan alternatif Google Drive terbaik untuk dicoba. Baca terus untuk mengetahui tentang opsi! Tapi pertama-tama, primer cepat di Google Drive.

Apa Itu Google Drive?

Google Drive adalah layanan penyimpanan dan sinkronisasi berbasis cloud yang dikembangkan oleh Google. Ini memungkinkan Anda menyimpan file secara online dan mengaksesnya dari smartphone, tablet, atau komputer.

Google Drive adalah bagian dari Google Workspace (sebelumnya "G-Suite") yang memiliki lebih dari 2 miliar pengguna. Popularitas Google Workspace tidak mengejutkan mengingat apa yang Anda dapatkan:

  • Gmail
  • Penyimpanan gratis 15GB
  • Kantor Google: Dokumen (pengolah kata), Spreadsheet (spreadsheet), Slide (presentasi)
  • Versi desktop dan seluler
  • Mode online dan offline (termasuk pilihan sinkronisasi)
  • Alat kolaborasi canggih

Apakah saya sudah mengatakan Gmail…? 

Meskipun kami skeptis tentang model bisnis Google, Workplace dan Drive adalah layanan yang cukup mengagumkan.

Mengapa Mempertimbangkan Alternatif Google Drive

Namun demikian, masih ada beberapa alasan bagus yang mungkin ingin Anda pertimbangkan untuk menggunakan alternatif.

Harga

Google Drive menawarkan penyimpanan gratis sebesar 15 GB yang digunakan bersama dengan Gmail dan Google Foto. Itu cukup untuk pengguna rata-rata dengan dokumen dan foto sesekali, tetapi siapa pun yang melakukan pekerjaan berat dokumen atau menyimpan banyak foto akan dengan cepat mencapai batas pembayaran.

Meskipun harga Google Drive sejujurnya cukup masuk akal, ada opsi yang bahkan lebih murah di luar sana. Itu bisa menarik jika Anda berencana menyimpan banyak data untuk waktu yang lama.

Batas Unggah Harian

Google Drive membatasi jumlah data yang dapat Anda unggah setiap hari hingga 750 GB. Setelah Anda mencapai batas itu, Anda diblokir secara otomatis dan tidak akan dapat mengunggah apa pun pada hari itu.

Sekali lagi, bagi sebagian besar pengguna, ini tidak akan menjadi masalah, tetapi jika Anda bekerja dengan file video, ini bisa sangat mengganggu.

Folder Bersama yang Membingungkan

Siapa saja yang pernah bekerja dalam tim dengan Google Drive tahu betapa membingungkannya folder bersama mereka. Untuk alasan yang tidak jelas, folder dapat muncul di tiga tempat berbeda: Drive Saya, Drive Bersama, atau Dibagikan dengan saya.

Saya belum pernah bertemu siapa pun yang menganggap ini intuitif.

5 Alternatif Google Drive Teratas

Baik Anda mencari alternatif karena keterbatasan itu atau hanya menjelajah, ada banyak opsi luar biasa di luar sana untuk penyimpanan cloud.

Untuk membantu Anda memutuskan, kami meneliti delapan alternatif teratas untuk Google Drive. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut!

Catatan tambahan: Untuk penetapan harga, hampir semua perusahaan membedakan antara penggunaan "pribadi" dan "bisnis" (dengan definisi yang sedikit berbeda). Kami telah mencoba untuk tetap berpegang pada harga pribadi di sini, tetapi itu adalah sesuatu yang perlu diingat saat Anda berbelanja.

1. OneDrive

Ketika datang ke alternatif Google Drive, OneDrive mendapatkan suara teratas kami.

OneDrive adalah penyimpanan cloud milik Microsoft. Ini ditujukan untuk pelajar, profesional, dan bisnis. Diluncurkan pada tahun 2007, OneDrive memiliki banyak fitur yang sama dengan Google Drive.

Dengan OneDrive, pengguna dapat menyimpan dokumen di cloud, berbagi dan berkolaborasi secara real-time, serta menyinkronkan antar perangkat. Dengan fokus historis Microsoft pada pelanggan perusahaan, OneDrive juga menyertakan sejumlah fitur keamanan.

Namun, nilai jual utama OneDrive adalah integrasinya dengan suite Microsoft Office. Karena Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan Teams adalah standar industri di suite kantor, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan OneDrive hanya karena OneDrive sangat cocok dengan mereka.

Kelebihan OneDrive

  • Integrasi ketat dengan Microsoft Office O365
  • Sinkronisasi file cepat
  • Mode online dan offline (termasuk pilihan sinkronisasi)
  • Berbagai macam fitur
  • Kolaborasi dokumen waktu nyata
  • Kekurangan OneDrive
  • Versi file terbatas

Harga OneDrive

Paket gratis OneDrive hanya memberi Anda penyimpanan 5GB, tetapi opsi premiumnya cukup terjangkau. Itu terutama benar karena OneDrive hadir sebagai bagian dari langganan Microsoft 365.

2. Dropbox

Dropbox adalah pelopor di antara layanan penyimpanan cloud, meskipun sedikit lebih mahal daripada alternatif Google Drive lainnya. Bekerja tanpa hambatan dengan Windows, Mac, iOS, dan Android, Dropbox membuat file Anda dicadangkan ke web dan disinkronkan di semua perangkat Anda.

Terlepas dari penggunaan yang mudah, yang membedakan Dropbox adalah beberapa fitur menarik yang tidak akan Anda temukan di tempat lain termasuk alat tanda tangan elektronik. Ini juga memiliki alat pengeditannya sendiri, Dropbox Paper, yang mirip dengan Google Documents atau Word.

Seperti Google Drive dan OneDrive, Dropbox membedakan antara penggunaan pribadi dan bisnis, dengan yang terakhir diarahkan pada kolaborasi dan penyimpanan yang lebih besar.

Dropbox Pro

  • (Pihak ketiga) Dukungan untuk integrasi
  • Aplikasi untuk berbagai sistem operasi
  • Banyak fitur berbagi file
  • Mode offline (termasuk pilihan sinkronisasi)
  • Termasuk alat penandatanganan digital
  • Kekurangan Dropbox
  • Relatif mahal
  • Tidak ada paket kantor terintegrasi

Harga Dropbox

Dropbox memiliki opsi gratis yang dilengkapi dengan penyimpanan gratis 2GB. Paket premium (pribadi) mulai dari €9,99 per bulan untuk penyimpanan 2TB.

3. pCloud

pCloud mungkin kurang terkenal daripada tiga yang pertama dalam daftar ini, tetapi tetap layak mendapat tempat sebagai salah satu penyedia penyimpanan cloud teratas. pCloud cepat, aman, dan yang terpenting harga terjangkau.

Menyebut diri mereka sendiri sebagai platform penyimpanan cloud paling aman, pCloud menawarkan enkripsi “tanpa pengetahuan” sehingga file Anda tidak pernah disimpan tanpa enkripsi.

Seperti Google Drive, pCloud memiliki banyak kemampuan berbagi file dan kolaborasi: Ini memungkinkan Anda berbagi file dengan mengundang seseorang atau membuat tautan yang dapat dibagikan.

pCloud juga memiliki beberapa fitur menarik: Ini adalah satu-satunya layanan dalam daftar yang hadir tidak hanya dengan pembuatan versi file tetapi juga pemutar media khusus (jika Anda menginginkannya). Namun, itu tidak memiliki paket kantor terintegrasi dan pencarian hanya tersedia dari situs web (bukan di komputer Anda).

pCloud Pro

  • Opsi aman terenkripsi secara lokal
  • Opsi harga seumur hidup (lihat di bawah)
  • 10 GB penyimpanan gratis
  • Pemutar media terintegrasi

Kekurangan pCloud

  • Pencarian hanya tersedia di situs web
  • Tidak ada paket kantor
  • Tidak ada layanan tambahan

Harga pCloud

Di mana pCloud menonjol adalah harganya yang tidak biasa: Tidak seperti kebanyakan layanan lain, mereka menawarkan penawaran seumur hidup untuk penyimpanan. Itu berarti dengan 350€ Anda dapat membeli penyimpanan cloud 2TB selamanya. Jika Anda merencanakan penyimpanan jangka panjang (beberapa tahun), maka penawaran seumur hidup pCloud mungkin masuk akal untuk Anda.

Mereka juga menawarkan akun gratis dengan penyimpanan 10 GB, dan paket bulanan 500 GB seharga $3,99 per bulan, dan 2TB seharga $7,99 per bulan.

4. Box

Box adalah platform penyimpanan cloud terkenal lainnya. Sama seperti opsi lainnya, Box menawarkan sejumlah fitur berbagi dan kolaborasi.

Box terutama berfokus pada bisnis dan itu menunjukkan: Ini terintegrasi erat dengan Microsoft dan Google, memudahkan pengguna untuk membuat dokumen Microsoft Office atau Google Workspace langsung di dalam aplikasi. Ini juga mendukung banyak integrasi pihak ketiga yang dapat berguna untuk bisnis.

Box memiliki keamanan terbaik dan fitur tambahan. Namun, banyak fiturnya, termasuk manajemen kunci pribadi, memerlukan langganan. Pada sisi negatifnya, Box lebih mahal daripada layanan lain di daftar kami. Plus, itu juga menempatkan batasan yang lebih ketat pada ukuran unggahan.

Pro Box

  • Perlindungan keamanan teratas
  • Terintegrasi dengan banyak layanan pihak ketiga
  • Dirancang dengan baik untuk kolaborasi
  • Mudah digunakan
  • kekurangan kotak
  • Relatif mahal
  • Pilihan konsumen terbatas

Harga Box

Box menawarkan akun pribadi dan bisnis gratis. Paket gratis dilengkapi dengan 10 GB gratis, tetapi ada batas 250MB untuk ukuran file yang dapat Anda unggah. Akun Personal Pro berbayar berharga €9 per bulan, dilengkapi dengan 100 GB, dan memungkinkan Anda mengunggah hingga 5GB. Paket bisnis mulai dari €13,50 per bulan.

Notes : Curiosity

Jika Anda tertarik dengan aplikasi produktivitas untuk bekerja, Anda mungkin ingin melihat Curiosity.

Curiosity adalah aplikasi produktivitas yang memberi Anda satu tempat untuk mencari semua file dan aplikasi Anda. Itu memungkinkan Anda menghemat waktu dan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Curiosity terhubung dengan alat yang sudah Anda gunakan, termasuk folder lokal dan aplikasi cloud seperti Google Drive atau Slack. Anda dapat menggunakan bilah perintah bertenaga pintasan untuk mengakses berbagai hal dengan cepat dan browser file untuk pencarian lebih dalam dengan filter lanjutan.

Tidak seperti aplikasi pencarian lainnya, Curiosity menyimpan data Anda dengan aman di komputer Anda dan tidak pernah mengirimkannya ke cloud.

Curiosity tersedia gratis di Windows dan Mac. Anda juga bisa mendapatkan uji coba Curiosity Pro selama dua minggu gratis (sumber tidak terbatas / konten file pencarian).

5. iCloud Drive

iCloud Drive adalah platform penyimpanan cloud yang menarik bagi mereka yang merupakan bagian dari ekosistem Apple.

Dalam gaya khas Apple, ia menawarkan integrasi dan pencadangan tanpa batas di semua perangkat. Faktanya, Apple mendorong pengguna ke iCloud untuk mencadangkan file dan data ponsel mereka. Jika Anda sudah menggunakan iCloud untuk mencadangkan data ponsel Anda, mungkin ada baiknya mempertimbangkannya sebagai opsi penyimpanan cloud.

Catatan tambahan: iCloud Drive dan iCloud bukanlah hal yang sama, tetapi keduanya terhubung erat.

iCloud juga memudahkan berbagi media melalui tautan iCloud atau album bersama. Selain itu, Anda dapat mengunggah semua jenis file ke iCloud dan menyimpan, mempratinjau, membagikan, dan mengaksesnya di perangkat apa pun yang terhubung ke iCloud. Dan seperti Google Drive, iCloud menawarkan kolaborasi pengguna… dalam rangkaian Apple Work.

Pada sisi negatifnya, iCloud mengharuskan pengguna untuk memiliki ID Apple dan berfungsi paling baik dengan perangkat Apple dan suite kantor Apple Work.

iCloud Pro

  • Integrasi yang mulus dengan ekosistem Apple
  • Antarmuka yang ramah pengguna
  • Aplikasi foto yang bagus
  • Integrasi seluler dan desktop yang baik
  • Kontra iCloud
  • Tidak ada dukungan Android
  • ID Apple diperlukan untuk melihat file yang dibagikan di iCloud
  • Paket Office adalah Apple Work

Harga iCloud

Anda dapat membeli iCloud sebagai langganan mandiri atau sebagai bagian dari bundel Apple One. Semua pengguna iCloud menerima penyimpanan gratis sebesar 5 GB, yang hampir cukup untuk sebagian besar pengguna rata-rata.

Paket mandiri mulai dari €0,99 per bulan untuk 50GB, €2,99 per bulan untuk 200GB dan €9,99 per bulan untuk 2TB.

layanan clouds

Kesimpulan

Google Drive menawarkan layanan penyimpanan cloud yang luar biasa dengan fitur hebat dan harga yang kompetitif.

Namun, itu jauh dari satu-satunya di luar sana. Semua alternatif di sini memiliki sesuatu untuk direkomendasikan, baik itu fitur lanjutan, kompatibilitas lintas perangkat, harga, atau fokus pada keamanan.

Secara pribadi, kami menyukai Microsoft One Drive sebagai alternatif Google Drive yang paling kuat, tetapi platform terbaik untuk Anda akan bergantung pada tujuan dan pengaturan perangkat keras/lunak Anda.

Beri tahu kami di komentar jika ada drive cloud luar biasa yang kami lewatkan atau jika ada jenis alat lain yang Anda ingin kami tulis!



Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.