Aplikasi Baca Buku Online Dari Perpustakaan Digital

baca ebook legal

Baca buku melalui gawai pintar bukan lagi hal yang baru. Keberadaan Ebook alias electronic book atau buku elektronik. Sudah ada keberadaannya di dunia literasi sejak lama. Di luar negeri, terutama Amerika dan Inggris, sudah menyediakan sejak lama aplikasi yang menyediakan Ebook legal.

Di Indonesia sendiri peredaran penyedia ebook legal ini memang terbilang baru. Tapi, pembaca ebook di Indonesia justru sudah lama ada. Sebelum ada penyedia legal khusus, banyak yang membacanya melalui jalur ilegal.

Tapi, sejak sudah disediakan tempat legal untuk membaca ebook. Peredaran ebook ilegal sudah mulai berkurang. Meski masih ada, rasanya memang masih sedikit sulit untuk membasmi keberadaan ebook ilegal. Namun, saat ini pembaca ebook di Indonesia sudah menyadari pentingnya membaca ebook dari tempat legal.

Aplikasi Baca Ebook Legal Gratis Setiap Hari 

Nama aplikasi yang menyediakan ebook legal yang bisa dibaca setiap hari. Memiliki puluhan ribu judul yang memuaskan minat baca. Yaitu Ipusnas, aplikasi ini resmi disediakan oleh Perpustakaan Kemdikbud.

Sejak adanya perpustakaan online ini pembaca buku daring di Indonesia semakin bertambah. Apalagi karena judul buku-buku baru juga disediakan di aplikasi ini. 

Mau membaca buku fiksi maupun non fiksi, ada semua di sini. Mirip seperti perpustakaan offline tapi diubah bentuk menjadi perpustakaan digital. Bahkan, masih menerapkan sistem antri.

Inilah yang sering dikeluhkan pembaca ebook legal di Ipusnas. Mereka sering harus mengantri panjang dan lama untuk satu buku favorit pilihan. Sebab, yang mengantri ingin membacanya juga banyak.

Untuk saat ini, masih belum tahu apakah akan ada perbaikan berupa jumlah peminjam yang bisa ditambah. Atau dalam bentuk kompensasi lain yang bisa membuat pembaca buku elektronik legal betah membaca ebook di Ipusnas.

Tapi, selain dari antrian yang cukup panjang. Ada banyak pula buku-buku bagus yang tidak perlu mengantri untuk dibaca. Jadi, tidak perlu khawatir jika ingin mencoba membaca ebook legal di aplikasi ini.

baca buku online

Cara Menggunakan Aplikasi Perpustakaan Digital Ipusnas

1.Buka aplikasi Playstore dan ketik Ipusnas dan klik Instal / Pasang. Tunggu sampai pemasangan aplikasi di gawai pintar selesai

2. Jalankan aplikasi Ipusnas yang sudah terpasang, klik Continue sampai slide terakhir

3. Klik Start Now kemudian klik ikon tiga garis yang ada di pojok kanan atas aplikasi

4. Klik Login Now, kemudian pilih Continue with Facebook kalau ada aplikasi facebook terpasang di handphone. 

  • Atau pilih Continue with Email. Masukkan alamat Email dan Password yang akan digunakan untuk membuat akun Ipusnas (kalau belum punya akun, kalau sudah bisa langsung login dan masuk ke aplikasi).
  • Jika belum terdaftar, maka akan muncul notifikasi Register Now, klik tombolnya dan mulai masukkan informasi lengkap terkait akun yang akan digunakan.
  • Jika muncul kotak informasi berisi Term of Service, klik Selanjutnya / Next.

5. Pendaftaraan Anda berhasil kalau sudah muncul kotak berisi tulisan Selamat Datang di Ipusnas.


Setelah itu Anda bisa langsung memilih buku yang ingin dibaca. Untuk membaca melalui Ipusnas, ikuti langkah berikut : 

  • Pertama, pilih judul buku yang ingin dibaca. Bisa langsung klik yang tersedia di laman utama atau mencarinya melalui ikon yang ada di pojok kanan atas.
  • Kedua, klik Borrow / Pinjam setelah memilih judul buku yang ingin dibaca. Tunggu sampai proses mengunduhnya selesai.
  • Ketiga, bisa langsung klik Read / Baca. 
  • Keempat, buku yang kita pinjam akan muncul pada ikon keempat yang berada di bagian atas aplikasi.
  • Kelima, lama waktu peminjaman biasanya 3 hari, bisa kurang bisa juga lebih.

perpustakaan digital

Kesimpulan

Membaca melalui aplikasi perpustakaan online ini merupakan bentuk kemudahan yang diberikan pemerintah. Agar masyarakat Indonesia bisa dengan mudah mengakses buku-buku yang bisa dibaca secara gratis.

Selain itu, keberadaan aplikasi Ipusnas ini juga mengurangi pembajakan dan peredaran ebook ilegal, meskipun masih ada. Tapi, dengan keberadaan aplikasi ini, antusiasme pembaca buku mulai bertambah sedikit demi sedikit.

Dengan begitu, diharapkan nantinya membaca buku digital atau buku fisik bisa menjadi kebiasaan baik. Yang tentunya juga diharapkan oleh banyak orangtua.

Jadi, jangan lupa mengenalkan aplikasi ini pada keponakan, anak, teman dan orang yang ada disekitar Anda.


Postingan Terkait

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *